Pemerintah Kucurkan Subsidi, Tapi Pasokan Rumah Murah Masih Kurang

KPR Bersubsidi

Mengutip dari website resmi Kementerian Perumahan Rakyat (KEMENPERA) tentang penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk membantu pembiayaan rumah murah, disebutkan bahwa “Salah satu kendala dalam penyaluran dana FLPP adalah sangat terbatasnya jumlah pasokan rumah sejahtera dari pengembang. Para pengembang saat ini mengalami kesulitan dalam membangun rumah bersubsidi akibat naiknya biaya produksi rumah yaitu karena adanya kenaikan harga material dan upah serta kenaikan harga tanah  yang cukup signifikan. Namun demikian, kendala minimnya pasokan rumah tersebut diharapkan dapat terselesaikan dengan penerbitan Permenpera Nomor 3 Tahun 2014 tentang Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dalam rangka pengadaan perumahan melalui Kredit/Pembiayaan Pemilikan Rumah Sejahtera.”

Bagaimana Dengan di Pontianak

Sebagai media pemasaran property dan perumahan, Griya Pontianak selama ini selalu sering menerima pertanyaan dari konsumen yang menginginkan perumahan bersubsidi dengan harga terjangkau namun di lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hal itu membuktikan masih tingginya permintaan pasar untuk perumahan bersubsidi (murah) untuk wilayah Pontianak.

Untuk ketersediaan rumah murah saat ini, perumahan murah kebanyakan berlokasi di daerah Pontianak utara dan Timur yaitu wilayah seberang sungai misalnya wilayah Siantan dan Tanjung Raya 2. Untuk wilayah kecamatan Pontianak kota, Pontianak Barat dan Pontianak Selatan keterseiaan rumah bersubsidi memang boleh dikatakan sangat minim. Kecuali wilayah dekat kota Pontianak yang sudah masuk wilayah Kabupaten Kuburaya seperti daerah Ayani 2, Rasau jaya, Kakap, Punggur, dan Desa Kapur memang masih tersedia dan banyak jumlahnya.

Sumber Kutipan : Humas Kemenpera

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *