Cara Jitu Menghemat Listrik Dirumah

menghemat listrik

Saat ini biaya listrik memang sudah menjadi biaya rutin yang harus dikeluarkan setiap bulan. Hal itu dikarenakan hampir semua peralatan rumah tangga saat ini menggunakan energi listrik. Sebut saja seperti AC, kulkas, dispenser, seterika, mesin cuci, pompa air, televisi, kipas angin dan masih banyak lagi. Tanpa kita sadari sekecil apapun peralatan listrik yang kita gunakan memang ada biaya yang harus kita bayar.

Walaupun biaya listrik sudah menjadi biaya rutin bukan berarti tidak bisa dihemat kan ? Untuk menghemat penggunaan listrik dirumah memang dibutuhkan kedisiplinan agar penggunaannya tepat dan tidak berlebihan. Beberapa cara dibawah ini sangat jitu untuk membantu agar tagihan listrik anda tidak membengkak.

Gunakan Lampu Hemat Energi, Matikan Jika tak digunakan

Menggunakan lampu hemat energi saja belum cukup jika penggunaannya tetap berlebihan. Cobalah untuk disiplin mematikan lampu diruangan yang tidak sedang digunakan. Demikian pula saat bepergian atau saat tidur (malam) nyalakan hanya pada lampu luar rumah untuk alasan keamanan sekitar lalu matikan lampu yang tidak digunakan didalam rumah.

Lampu hemat energi memang harganya lebih mahal dibandingkan lampu biasa, namun manfaatnya sangat besar untuk penggunaan jangka panjang karena membantu menghemat biaya. Saat ini bahkan ada lampu yang sangat hemat yang berjenis LED yang banyak dijual di toko elektronik.

Matikan Peralatan Listrik Yang Tidak Digunakan

Demikian pula dengan peralatan listrik lainnya, lagi-lagi anda harus disiplin menggunakannya sebab walaupun sederhana namun kadang kita lalai, cabut charger laptop atau handphone jika pengisian sudah selesai, kipas angin dan televisi juga dimatikan jika sedang tidak digunakan.

Gunakan AC Berjenis Inverter

AC berjenis inverter memang harganya lebih mahal dibandingkan AC berjenis low watt dan AC biasa, tapi teknologi yang ada didalamnya sudah lebih baik dari AC sebelumnya. Jika pada AC biasa suhu bisa sangat dingin maka arus listrik yang dibutuhkan juga sangat besar. Pada AC Low Watt arus memang kecil namun biasanya suhunya kurang dingin. Nah yang paling baik saat ini anda bisa menggunakan AC berjenis inverter dimana AC sudah memiliki sensor suhu yang dapat mengurangi kerja kompresor (penggunaan listrik) secara otomatis disaat suhu ruangan sudah dingin sesuai keinginan.  Untuk suhu yang ideal sebaiknya aturlah agar dingin secukupnya supaya energi yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Jika Harus Menggunakan Vacum Cleaner

Membersihkan rumah yang besar memang membutuhkan tenaga ekstra, banyak juga yang sering menggunakan vacum cleaner agar proses membersihkan lebih cepat. Namun jika rumah anda tidaklah besar hal itu mungkin berlebihan. Anda bisa menggunakan sapu biasa untuk membersihkan bidang lantai yang tidak terlalu luas agar tidak harus menggunakan energi listrik.

Saat Menyetrika Aturlah Suhu yang Sesuai

Penggunaan setrika juga bisa disiasati, menyetrika kain yang halus, tipis dan lembut tidaklah harus menggunakan suhu yang maksimal panasnya, anda bisa mengurangi volume suhunya hingga 50%, gunakan suhu yang lebih panas hanya jika kain yang anda setrika berbahan dasar yang tebal seperti misalnya bahan jeans, jaket, handuk.

Menggunakan Mesin Pompa Air

Jika anda menggunakan mesin pompa air sebaiknya alirkan air yang dipompa kedalam tangki penampungan. Gunakan mesin pompa tersebut hanya saat air di penampungan telah habis.

Penggunaan Mesin Cuci

Menggunakan mesin cuci juga bisa disiasati, jika mesin cuci anda bisa mengeringkan pakaian secara otomatis anda tidak harus selalu menggunakan fitur pengering otomatis tersebut. Jika cuaca diluar sedang cerah anda bisa mengeringkan pakaian dengan menjemurnya secara alami dengan panas matahari di luar ruangan.

Listrik Pra Bayar atau Pasca Bayar ?

Tarif dasar listrik (TDL) antara meteran prabayar dengan pasca bayar memang sama saja namun jika anda menggunakan meteran listrik prabayar anda tentu akan lebih mudah mengontrol pengeluaran anda setiap bulannya karena meteran akan berbunyi jika penggunaan daya listrik sudah hampir habis.

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry masenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *