Contoh Sumur Bor dengan Penyaring SPL

Rumah Belum Ada Ledeng Gunakan Saja Sumur Bor

Berita Terbaru

Contoh Sumur Bor Perumahan Chika Asri

Menyadari banyaknya perumahan di Pontianak dan Kubu Raya yang masih belum menggunakan air bersih dari PDAM maka admin mencoba sedikit mencari informasi untuk menuliskannya disini. Bicara soal sumur bor, sebenarnya ada dua jenis cara menggunakannya. Ada sumur bor biasa, ada juga sumur bor yang ditambah dengan sistem penyaringan. Sistem penyaringan air juga sebenarnya banyak namun kali ini admin coba untuk mengulas salah satunya yaitu Sistem Penyaringan Pasir Lambat (SPL).

Sumber Air

Sebenarnya di internet sudah banyak blog yang membahas masalah sumur bor bahkan lengkap dengan cara membuatnya. Namun biar lebih mudah disini kita bahas secara ringan dahulu ya :). Bukan karena ini adalah sebuah sumur lalu kita membayangkan bahwa air sumur yang kotor, bau, sedikit, dan sulit digunakan. Justru sebaliknya jika di buat dengan benar dan disempurnakan dengan sistem penyaringan air yang baik maka air sumur bor justru bisa menghasilkan air yang lebih sehat dan jernih dari air ledeng.

Air dari sumur bor biasanya berasal dari mata air yang kedalamannya cukup dalam bisa puluhan meter. Air tersebut lebih jernih dari air sumur biasa. Jika tidak terbiasa mungkin hanya bau dan rasanya saja yang agak berbeda namun jika kreatif hal itu bisa diatasi dengan sedikit cara.

Sistem Penyaringan Pasir Lambat (SPL)

Nanti mungkin kita akan bahas cara membuatnya lebih detail namun sebagai gambaran sistem penyaringan ini memanfaatkan beberapa bahan dan mineral yang bermanfaat untuk menyaring air yaitu :

  1. Batu Kerikil
  2. Pasir
  3. Ijuk
  4. Arang
  5. Cangkang Kerang

Didalam tong penyaring, bahan-bahan tersebut disusun dengan urutan dari bawah sebagai berikut : batu kerikil, ijuk, arang, ijuk lagi, pasir, cangkang kerang. Tong penyaring dibuat 2 buah sama persis berikut isinya. Dengan menggunakan 2 buah tong penyaring diharapkan akan menghasilkan air yang sangat jernih nantinya.

Manfaat Pasir dan Arang

Silahkan anda cari di internet via google, ternyata pasir dapat membunuh bakteri yang tidak baik yang biasanya terdapat di dalam air sumur. Sedangkan manfaat arang yaitu menetralisir bau yang biasanya terdapat pada air sumur.

Biaya

Biaya akan terbagi menjadi 2 bagian yaitu biaya pengeboran sumur bor dan biaya pembuatan penyaring. Biaya pengeboran tergantung dari si pengebor namun biasanya ada yang berkisar 3 jutaan tergantung berapa puluh meter kedalaman yang diinginkan nantinya. Sedangkan biaya bahan-bahan kira-kira sebagai berikut :

  1. Dua Buah Gentong Air Rp 600.000 (tergantung ukuran)
  2. Pipa Paralon 4 buah (ukuran 0,5 inch) @Rp 17.500 = Rp 70.000 (tergantung jarak)
  3. Mesin Air Rp 500.000
  4. Kayu Terucuk yang kuat 10 Batang @Rp10.000 = 100.000

Dari rincian tersebut maka perkiraan biaya pembuatan saringan yang harus dikeluarkan Rp 1.270.000, jika ditambah pasir, kerang, dan lain-lain mungkin bisa kita bulatkan menjadi 1,4 Juta. Jika kita memesan semuanya sekaligus kepada jasa pembuat sumur bor biasanya akan di bulatkan menjadi 5 juta sudah termasuk semua peralatannya dan ongkos perakitan. Terdengar cukup besar memang namun jangan anggap remeh dulu manfaatnya ya.

Jika kita mempunyai sumur bor yang menghasilkan air jernih maka tidak perlu ada lagi biaya bulanan untuk membayar ledeng kan ? Terlebih lagi air ledeng sendiri dibanyak tempat terkadang harus di sedot menggunakan mesin yang tentu saja menggunakan listrik untuk menghidupkan mesin air. Jika dengan adanya sumur bor, anda hanya perlu membayar listrik saja tak perlu pusing membayar tagihan air setiap bulan dengan air yang bisa anda gunakan sepuasnya.

Terimakasih telah membaca ya, semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Foto : Sumur Bor di Perumahan Chika Asri

Ramlan Hadiansyah

pengembang perumahan, marketing properti dan founder di www.griyapontianak.com

http://www.griyapontianak.com

1 thought on “Rumah Belum Ada Ledeng Gunakan Saja Sumur Bor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *