Pemerintah Luncurkan Website Sejuta Rumah

Program Sejuta Rumah

Bicara soal rumah subsidi, lagi-lagi pemerintah harus terus mencari cara agar kebutuhan hunian murah bagi masyarakat Indonesia yang berpenghasilan rendah agar bisa terpenuhi. Setelah beberapa waktu lalu pemerintah melalui kementerian keuangan menurunkan besaran uang muka menjadi hanya 1 %, menekan bunga KPR subsidi menjadi hanya 5%, kini pemerintah mencoba memberi informasi tentang dimana saja masyarakat bisa memperoleh hunian murah melalui situs resmi Sejuta Rumah pada alamat www.sejutarumah.id . Pada laman situs tersebut mencakup seluruh daftar perumahan bersubsidi di seluruh Indonesia yang telah terdaftar secara resmi di Kementerian PUPERA

data perumahan murah kalbar
Sumber : sejutarumah.id (Kementerian PU dan Perumahan Rakyat)

Bagaimana dengan Kalimantan Barat ?

Untuk wilayah Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak dari data yang ditampilkan sayangnya memang masih Jauh Panggang Dari Api yang berarti masih jauh dari harapan kita semua. Barangkali ketersediaan lahan dengan infrastruktur yang belum siap serta fokus para pengembang yang belum bisa melirik sektor perumahan subsidi membuat data perumahan murah di Kalimantan Barat masih terlihat kurang seimbang.

Data yang ditampilkan juga sepertinya tidak lengkap. Untuk wilayah Kota Pontianak misalnya data yang tersedia hanyalah nama perusahaan pengembang (Developer) dan jumlah unit yang dikembangkan, sementara nama perumahan dan lokasinya tidak terisi. Dari sisi jumlah juga tidak proporsional, dari total 3.890 unit rencana pembangunan sebagian besar justru ada di kabupaten Kapuas Hulu dengan jumlah rencana bangun 2500 unit, kota Pontianak 150 unit, Singkawang 90 unit dan sisanya terletak di Kabupaten Kubu Raya.

Walaupun data yang ditampilkan saat ini belum bisa maksimal, maka kita tunggu saja update data yang akan datang semoga bisa lebih baik dan membantu masyarakat luas, agar banyak masyarakat Indonesia yang mudah memperoleh Informasi yang resmi dari Pemerintah.

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry masenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *