Meraup Keuntungan Dengan Investasi Condotel

Horison Condotel Singkawang

Apa itu Condotel ?

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia property, sudah tentu tidak asing lagi dengan kata Condotel. Tetapi secara umum, masih banyak yang tidak tahu persis apa itu condotel

Untuk lebih mudah menjabarkan definisi dari kata Condotel, maka kita gunakan kata Condominium dan Hotel. Tentunya Anda sudah cukup jelas dengan kedua kata tersebut kan?

Condotel merupakan sebuah proyek condominium yang dioperasikan seperti sebuah hotel dengan dilengkapi meja resepsionis, cleaning service dan fasilitas layaknya sebuah hotel. Setiap unit condotel dapat dimiliki oleh perorangan dan si pemilik memiliki kesempatan untuk menyewakannya seperti layaknya sebuah kamar hotel yang dikelola secara professional. Si pemilik bahkan bisa tinggal di condotel dengan jumlah kunjungan per tahun yang sudah ditentukan oleh operator. Ini merupakan suatu investasi yang cukup menarik di mana Anda bisa tinggal layaknya di sebuah hotel dan anda bisa mendapatkan Income dari penyewaan condotel anda tersebut. Saat ini di Indonesia masih belum banyak condotel yang dibangun.

Di Kalimantan Barat saat ini ada condotel yang siap dibangun sebagai lahan investasi bagi kita yaitu Horison Ultima Resort yang dibangun di kawasan pasir panjang kota singkawang yang selama ini menjadi ikon wisata terbaik di kalimantan barat dimana setiap tahunnya selalu menjadi tuan rumah perayaan imlek bertaraf internasional. Horison Ultima Resort dibangun dengan menggabungkan 3 konsep yaitu condotel, villa, dan resort dimana didalamnya telah terintegerasi dengan fasilitas sekelas hotel bintang lima.

MENGAPA PERLU MELIRIK BISNIS CONDOTEL?

Condotel menawarkan pendapatan pasif yang menggiurkan di tengah pertumbuhan pusat bisnis dan pariwisata. Berbeda dengan apartemen sewa, kondotel tampil murni sebagai produk investasi yang menawarkan model pemilikan unit kondominium untuk dikelola seperti hotel. Investor tak perlu repot memikirkan cara mengoperasikan atau mencari penyewa karena unit yang sudah dibeli akan dikelola oleh operator hotel.

Model investasi kondotel juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan rumah tinggal (landed house). Jika investor rumah menitik beratkan pada keuntungan modal (capital gain) dari kenaikan harga jual rumah, investor kondotel mengedepankan keuntungan rutin dari nilai sewa unit namun bisa juga dijual tentunya. Banyak condotel bahkan memberi “Buy Back Guarantee” (Garansi jual kembali) sebagai jaminan bahwa properti ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saat ini, pertumbuhan harga residensial atau rumah tinggal rata-rata 15-20 persen dari nilai investasi per tahun meski tidak semua rumah untuk segmen menengah atas mengalami pertumbuhan nilai jual tinggi. Jika rumah itu disewakan, nilai sewanya hanya tumbuh 3-4 persen per tahun.

Hal itu berbeda dengan kondotel yang menawarkan nilai sewa 8-12 persen dari nilai investasi per tahun selama masa jaminan sewa (guarantee rental), yakni 2-5 tahun. Selepas masa jaminan sewa berakhir, pendapatan sewa bagi investor akan bergantung pada kinerja operasional hotel secara keseluruhan yang memengaruhi pembagian keuntungan tahunan antara pemilik dan operator hotel.

Investor yang berniat melakukan jual-beli unit kondotel masih berpeluang meraih keuntungan jika melakukan transaksi pembelian pada awal pembangunan proyek atau masa pra-penjualan (pre-sales) untuk dijual kembali sewaktu proyek dipasarkan. Besarnya keuntungan modal dari jual-beli unit ini sangat bergantung pada lokasi, mutu proyek, dan pengembang. Bagaimana ? anda tertarik dengan investasi yang menyenangkan ini ? Salam Investasi 🙂

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry masenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *