Mengintip Perumahan Baru di Rasau Jaya

Berita Terbaru Kubu Raya

perumahan rasau jaya

Wilayah

Perjalanan kali ini tim Griya Pontianak berjalan menelusuri jalan Kuala Dua hingga Raya Rasau Jaya. Dari hasil pantauan alhasil didapatlah data-data perumahan terbaru yang sedang dipasarkan disini. Sedikit mengulas tampilan wilayah di sepanjang jalan raya Rasau Jaya kami temui masih banyak lahan-lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Wilayah Rasau Jaya sebenarnya boleh dikatakan jalur penghubung yang menghubungkan kota Pontianak dengan sebagian besar wilayah kecamatan di Kubu Raya. Masih banyak orang yang pergi ke berbagai wilayah luar seperti batu ampar, padang tikar, sungai pinang luar, kecamatan kubu dan lain-lain yang masih menggunakan jalan rasau jaya sebagai jalan menuju kota Pontianak. Namun kendati demikian hingga sekarang tampilan wajah wilayah ini tergolong tidak terlalu banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya.

Perumahan

Disepanjang jalan rasau jaya tercatat ada 4 lokasi perumahan baru yang masih dipasarkan. Hampir semua perumahan tersebut adalah perumahan bersubsidi (FPLP) yang rata-rata bertipe 36 yaitu Perumahan Griya Rasau, Permata Dua Residence, Arini Residence 4, Hadi Kuala Residence, dan Satu Perumahan yang tidak kami ketahui namanya.

Hasil wawancara kami kepada beberapa marketing dan developer baik secara langsung atau melalui telepon kami dapatkan rata-rata perumahan tersebut adalah perumahan bersubsidi dengan harga mulai dari 85 Juta hingga 95 Juta. Besaran uang muka juga mulai 10 Juta hingga 15 Juta. Ukuran tanah ada yang 10×15, 10×16, 10×17.

Jumlah unit yang dipasarkan juga tergolong banyak. Misalnya untuk perumahan Airini Residence merencanakan membangun perumahan sebanyak sekitar dua ratusan unit. Perumahan Griya Rasau memasarkan sekitar 90 unit dan ruko di tepi jalannya.

Untuk fasilitas air bersih karena di wilayah ini belum terjangkau air PDAM maka keseluruhan perumahan tersebut masih mengandalkan sumur disetiap unitnya. Listrik yang dipasang juga seperti biasa yaitu 900 watt untuk tiap unit rumah.

Nilai Investasi

Walaupun pengembangan wilayah ini tergolong lambat namun salah satu developer yang kami wawancarai mengklaim bahwa harga tanah di kawasan ini sekarang permeternya sudah ada yang mencapai 70 ribu rupiah namun karena ia membeli wilayah dalam ukuran luas maka harga yang ia peroleh bisa lebih murah.

Ramlan Hadiansyah

pengembang perumahan, marketing properti dan founder di www.griyapontianak.com

http://www.griyapontianak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *