agen properti

Kenali Ciri-ciri Agen Properti Yang Bekerja Secara Profesional

Berita Terbaru

agen properti

Blog.GriyaPontianak.com – Menggunakan jasa perantara untuk menjual / membeli properti sebenarnya memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan menjual atau mencari sendiri. Namun jangan asal memilih agen properti  sebab tidak semua agen properti bekerja secara profesional. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah seorang agen properti bekerja secara profesional ?

Jika kita coba pahami arti kata Profesional yang berarti ia adalah seorang “ahli dalam profesinya” tentu membutuhkan pengalaman dan kepandaian khusus untuk menjadi seorang perantara yang bisa dipercaya. Berikut Griya Pontianak uraikan ciri-ciri agen properti yang profesional.

1. Berpenampilan Menarik

“Don’t Jugde the book from the cover” itu memang benar, namun penampilan juga mempengaruhi kesan untuk kedua belah pihak apakah itu pembeli maupun penjual. Suka atau tidak suka banyak orang yang akan menilai penampilan seorang broker (agen properti). Seorang agen properti profesional biasanya berpenampilan menarik, minimal mereka akan berpenampilan sopan dan mengetahui etika dalam berbisnia, hal itu dikarenakan mereka sadar betul bahwa setiap hari ia bisa saja bertemu dengan orang-orang penting didunia properti misalnya calon investor, calon pembeli besar, pihak perbankan, notaris dan lain-lain.

2. Jaringan Pemasaran.

“Tanpa Networking, maka Notworking” itulah istilahnya, walau bisa bekerja sendiri-sendiri namun tetap akan lebih maksimal jika agen properti saling bekerja sama satu dengan lain agar mereka bisa saling mengetahui informasi penting untuk mendukung penjualan.

3. Memahami administrasi jual beli properti

Seorang agen properti yang profesional biasanya sudah sering membantu pengurusan dokumen dan transaksi properti baik itu pembelian secara cash atau secara kredit (KPR). Agen properti yang berpengalaman biasanya bisa dengan mudah (cepat) menghitung perkiraan biaya transaksi seperti BPHTB, biaya notaris, nilai angsuran KPR perbulan, perhitungan uang muka, dan biaya-biaya lain saat terjadinya akta jual beli. Hal ini bisa membantu kedua belah pihak (penjual dan pembeli) untuk mempersiapkan biaya-biaya tersebut.

4. Menggunakan Teknologi dan Internet.

Teknologi informasi saat ini bekerja lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya, penggunaan perangkat canggih seperti smartphone, tablet, dan Internet telah digunakan oleh banyak kalangan profesional karena sangat membantu untuk menampilkan dan menyebarkan informasi dengan cepat. Seorang agen properti profesional saat ini menggunakan berbagai media digital untuk melakukan pemasaran, baik itu foto, video, website, sosial media dan chat group. Saat anda membaca artikel ini anda juga pasti sedang merasakan manfaat teknologi tersebut bukan ? itu sebabnya seorang agen properti yang profesional saat ini dituntut mampu menggunakan teknologi informasi berbasis internet.

5. Berbadan Hukum dan Memiliki Kantor.

Walau ini bukanlah jaminan atau kewajiban yang mutlak sebab banyak juga agen properti freelance yang juga profesional, namun agen properti yang memiliki kantor tentu lebih mudah mengatur administrasi dengan rapi, untuk menerima calon penjual, pembeli atau investor. Hal ini akan sangat membantu pekerjaan mereka.

6. Menguasai Harga dan Spesifikasi Produk

Agen properti yang bekerja secara profesional tidak akan memasarkan sebuah properti yang ia sendiri tidak paham betul spesifikasinya. Para agen tersebut harus memiliki catatan yang rinci mengenai spesifikasi properti yang mereka tawarkan, mampu memberikan referensi harga yang baik, dan bisa mengetahui harga pasar (kompetitor produk) yang satu dengan yang lainnya.

7. Memberikan update (berita) kepada penjual dan calon pembeli

Banyak para agen (broker) properti yang hilang begitu saja setelah menyatakan diri untuk memasarkan sebuah properti, tidak memberi kabar dan kurang berkomunikasi terhadap penjual dan calon pembeli. Untuk penjual hal ini seringkali menjadi sebuah tanda tanya apakah broker tersebut masih memasarkan propertinya atau tidak, akibatnya kepercayaan terhadap agen properti pun berkurang.

8. Komitmen

Broker properti bukanlah profesi main-main yang jasanya bisa dipandang sebelah mata, seorang broker properti profesional biasanya menggunakan komitmen yang tegas dan tertulis kepada calon penjual yang mengatur besaran komisi yang akan ia terima setelah ada kesepakatan harga penjual dan pembeli. Untuk calon pembeli juga tidak perlu khawatir membeli properti melalui agen properti sebab seorang agen properti yang profesional biasanya akan memberikan harga yang terbaik untuk anda untuk menjaga reputasinya.

Demikian sekilas tentang ciri-ciri agen (broker) properti yang bekerja secara profesional. Semoga memberi pencerahan.

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry masenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

Ramlan Hadiansyah

pengembang perumahan, marketing properti dan founder di www.griyapontianak.com

http://www.griyapontianak.com

1 thought on “Kenali Ciri-ciri Agen Properti Yang Bekerja Secara Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *