Jembatan Kapuas 3 Akan Dibangun Tahun 2017

jembatan kapuas 3
Sungai Kapuas, Foto : Griya Pontianak

 

Kabar tentang pembangunan jembatan kapuas 3 yang selama ini beredar ternyata semakin nyaring terdengar. Terlebih lagi hal ini juga telah disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu Basuki Hadimuljono pada acara Hari Ulang Tahun Realestat Indonesia (REI) yang ke-43 di Hotel Aston Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (21/3/2015).

Dikutip dari Kompas.com menteri PUPERA Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa jembatan kapuas 3 saat ini masih dalam proses desain yang nantinya pembangunanan diperkirakan akan menelan biaya hampir Rp 1 triliun. Dengan panjang jembatan yang akan membentang lebih dari 2 kilometer, jembatan kapuas 3 juga akan berfungsi menjadi jalan lingkar luar kota (Outer Ring Road) yang akan menghubungkan wilayah kabupaten Kubu Raya dengan kabupaten Mempawah.

Dalam pembangunannya, Pemprov bertugas membebaskan lahan, sementara pemerintah pusat akan membangun infrastruktur fisiknya. Sebelum Kapuas III, terdapat Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun Jembatan Sambas yang membentang dari Tanjung Datuk sampai Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Kabupaten Sambas sendiri merupakan daerah sentra produksi padi di Kalimantan Barat karena produksinya mencapai 24,82 persen dari total produksi provinsi. Letaknya yang masih terpelosok, membuat daerah ini kurang berkembang.

Sumber : Kompas.com

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry masenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *