membeli rumah kpr di pontianak

Ingin Membeli Rumah Via KPR ? Ini Dia Tahapan Yang Benar

Berita Terbaru

membeli rumah kpr di pontianak

Blog.GriyaPontianak.com – Rumah adalah aset yang sangat berharga. Itu sebabnya membeli rumah haruslah berhati-hati, terlebih lagi jika anda membeli rumah bukan untuk disimpan (investasi) namun untuk tempat tinggal. Untuk anda yang berencana membeli rumah secara KPR banyak hal yang anda harus persiapkan dengan matang sejak awal agar proses pembelian tidak terlalu lama, berikut tips dan tahapannya.

Persiapkan Uang Muka

Persentase uang muka perumahan baru memang berbeda-beda tergantung apakah itu rumah bersubsidi (murah), rumah menengah (sedang), atau rumah besar (mewah). Untuk perumahan bersubsidi saat besaran uang mukanya yang paling ringan yaitu hanya 1% dari harga rumah. Misalnya harga rumah 100 juta berarti uang muka hanya 1 juta. Namun untuk rumah sedang hingga mewah uang muka yang harus anda persiapkan bisa 20 sampai dengan 30 persen dari harga rumah yang ingin anda beli.

Persiapkan berkas KPR anda

Mengapa tahapan ini lebih penting untuk di persiapkan di awal ? jelas saja, membeli rumah melalui fasilitas KPR membutuhkan beberapa persyaratan untuk diajukan ke pihak bank. walau anda punya uang dan sudah memilih rumah idaman anda, jika berkas anda di tolak oleh bank maka semua itu tetap sia-sia dan anda tetap tidak bisa membeli rumah melalui fasilitas KPR. Untuk melihat apa saja persyaratan KPR silahkan baca posting berita sebelumnya DISINI. Setelah anda yakin bahwa berkas persyaratan KPR anda telah anda persiapkan barulah anda aman untuk segera mencari rumah yang hendak anda beli.

Mencari Rumah

Buatlah sebuah daftar dalam catatan anda, ini penting agar anda secara pribadi bisa mengukur kelebihan dan kekurangan antara perumahan yang satu dengan perumahan lainnya seperti harga, ukuran bangunan dan lahan, spesifikasi dan fasilitasnya. Misalnya anda mulai mencari di koran biasanya gambar yang di tampilkan hanya visualisasi dan anda hanya bisa bertanya kepada marketing sambil mencatat spesifikasinya maka tanyalah dengan detail agar anda mendapat gambaran yang jelas.

Untuk lebih mudahnya anda juga bisa mencari di internet. Mencari rumah di internet pasti lebih mudah karena selain jumlah yang ditampilkan lebih banyak, spesifikasi dan gambar yang di tampilkan juga lebih lengkap.

Jika anda mencari rumah melalui jasa perantara (broker) pastikan juga bahwa broker / marketing tersebut adalah broker yang berpengalaman dan profesional agar mampu menjelaskan banyak hal yang anda butuhkan.

Pilih Rumah Yang Anda Butuhkan

Karena rumah yang anda beli nantinya adalah rumah dengan fasilitas KPR, maka modal utama anda selain uang adalah kepercayaan yang diberikan pihak bank untuk bisa selalu membayar angsuran. Membeli rumah untuk ditempati tidak hanya bicara soal selera sebab harapan kita semua pasti menginginkan rumah terbaik. Namun lebih dari itu anda juga harus mempertimbangkan kemampuan membayar angsuran setiap bulannya agar nama anda selalu baik di mata bank. Pertimbangkan baik-baik tentang harga, lokasi, biaya administrasi tambahan seperti pajak jual beli, administrasi bank, dan yang tak kalah pentingnya adalah reputasi dari pihak pengembang (developer).

Jangan ragu untuk berkompromi dengan keluarga tercinta anda. Walau anda yang nanti membeli rumah, dukungan dan masukan dari keluarga perlu juga anda pertimbangkan agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Yakin Sudah Cocok ? Segera Booking

Hal ini untuk mencegah terjadinya penyesuaian terhadap kenaikan harga. Perumahan baru yang sedang dibangun sangat berpotensi untuk kenaikan harga secara tiba-tiba. Namun jika anda sudah membayar uang tanda jadi (booking) maka anda akan membeli rumah dengan harga yang berlaku saat itu. Setelah itu persiapkan berkas KPR yang sebelumnya sudah anda persiapkan sebelumnya. Uang muka (DP) yang anda bayar nantinya akan dikurangi uang tanda jadi (booking) yang sudah anda serahkan pertama kali. Demikian tips membeli rumah KPR dan selamat mencoba.

[button class=”btn_smallblue” url=”http://eepurl.com/bESD2T” text=”Berlangganan Via Email”]

Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini
Melalui Blackberry Mesenger (BBM) Channel
Invite PIN : C00339891

Ramlan Hadiansyah

pengembang perumahan, marketing properti dan founder di www.griyapontianak.com

http://www.griyapontianak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *