Berapa Gaji Buruh ‘Tukang’ Bangunan di Pontianak ?

buruh bangunan pontianak

Diantara kita pertanyaan semacam ini mungkin terdengar sederhana mengingat pekerjaan sebagai buruh bangunan atau yang lebih populer disebut ‘tukang’ masih dianggap sebagai pekerjaan kasar. Barangkali tidak banyak orang yang sejak kecil bercita-cita sebagai buruh bangunan. Mendengar kata ‘buruh bangunan’ dalam benak kita biasanya akan terbayang aktifitas berat misalnya mamanjat, memikul material berat, berjemur disiang hari, didera rasa dahaga dan lelah dan sebagainya. Sedikit mengulas tentang pekerjaan ini kami mencoba sedikit berbicara terhadap beberapa buruh, mandor, dan developer di kota Pontianak untuk menuliskannya disini dan semoga ini membawa manfaat.

Dalam dunia pertukangan sebenarnya juga ada klasifikasi yang membedakan tarif antara tukang atau buruh satu dengan lainnya. Klasifikasi ini umumnya dibedakan oleh pengalaman, tingkat kerumitan pekerjaan atau kehliannya. Semakin berpengalaman seorang tukang maka semakin tinggi pula jam kerja dan bayarannya.

Tarif / Gaji

Bayaran seorang tukang bisa disebut gaji jika ia dibayar perhari, dan bisa juga disebut tarif jika mengacu pada nilai borongan yang akan dipengaruhi harga material yang digunakan untuk pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan secara umum biasanya ada seorang yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan proyek dilapangan yang sebelumnya melakukan negosiasi harga borongan biasa disebut Pemborong atau kepala borong. Seorang pemborong ini yang melakukan negosiasi harga borongan permeter dan dia juga yang bekerja menggaji bawahannya yaitu tukang secara harian. Tarif dan gaji tersebut umunya berlaku seperti iniĀ  untuk lebih mudahnya kita klasifikasikan dalam istilah ‘grade’ :

Grade C, Tarif Permeter Rp 350.000

  1. Kepala Tukang Rp 150.000 / hari
  2. Tukang Rp 100.000 / hari
  3. Kenet / Pembantu tukang Rp 80.000 / hari

Tarif untuk grade C biasanya untuk rumah bertipe standar, bisa saja untuk pembangunan ataupun renovasi perumahan dalam jumlah banyak atau bisa saja untuk rumah second. Tipe rumahnya pun biasanya bertipe biasa saja dengan bentuk desain rumah yang tidak terlalu spesial serta dengan spesifikasi material yang murah dan biasa.

Grade B, Tarif Permeter Rp 450.000

  1. Kepala Tukang Rp 200.000 / hari
  2. Tukang Rp 150.000 / hari
  3. Kenet / Pembantu tukang Rp 100.000 / hari

Tarif untuk grade B biasanya untuk rumah bertipe cluster, townhouse, bertipe lumayan besar misalnya rumah tipe diatas 90 dengan desain tergolong rumit atau lumayan mewah dengan spesifikasi material yang tergolong lumayan (agak mahal).

Grade A, Tarif Permeter Rp 650.000

  1. Kepala Tukang Rp 300.000 / hari
  2. Tukang Rp 200.000 / hari
  3. Kenet / Pembantu tukang Rp 130.000 / hari

Tarif untuk grade A biasanya untuk rumah bertipe besar dengan desain mewah yang rumit pekerjaannya serta dengan spesifikasi material kelas satu yang harganya cukup mahal.

*Catatan : Harga-harga diatas hanya gambaran umum yang bisa saja berbeda tergantung proses degosiasi, hanya mengacu pada pembangunan rumah.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *