Apa Arti Rumah Minimalis Menurut Anda ?

Ruang minimalis
Image Credit : hpmirror.com

Bicara soal desain rumah minimalis dalam beberapa tahun terakhir ini isitilah minimalis rasanya semakin digemari dan disebut banyak kalangan, baik itu kalangan desainer interior, kalangan arsitek, dan pelaku dunia properti. Apakah anda salah satunya ? apakah anda juga suka dengan gaya rumah minimalis ? Dan apa arti rumah minimalis menurut anda ? Kali ini Griya Pontianak mencoba membuat ulasan yang disimpulkan dari berbagai sumber terkait desain interior rumah minimalis agar kita sedikit memahami penerapannya pada rumah kita.

Arti Minimalis

Dari kata minimalis yang asal katanya berasal dari kata mini atau minimal sebenarnya sudah bisa kita bayangkan dalam sekilas. Kata mini yang bisa berarti kecil dan kata minimal yang bisa berarti sedikit bisa saja disimpulkan bahwa bentuk tersebut mengarah ke arti “Sederhana”. Namun apakah rumah dengan desain minimalis adalah rumah sederhana ? Jawabnya bisa iya, bisa juga tidak hehe, Bingung ya ? Hehe sesekali bercanda boleh ya 🙂

Setelah Griya Pontianak mencoba mempelajari dari berbagai sumber, gaya minimalis sebenarnya tidak selalu tepat jika digunakan untuk aspek rumah secara keseluruhan. Sebab kata minimalis bisa saja mengacu hanya pada hal-hal tertentu misalnya, perabotan, desain interior, warna, desain arsitektur, eksterior, atau bisa juga untuk gaya hidup.

Perabotan Minimalis

Sekedar contoh, bayangkan kita baru membeli rumah yang belum ada perabotannya, hanya berisi dinding dan lantai yang kosong, tentu kita akan memulai dengan mengisi satu persatu perabotan yang akan kita gunakan sesuai tujuannya seperti sofa, meja, lemari, meja makan dan lain-lain. Lalu apa kita yakin semua perabotan yang kita gunakan benar-benar harus ada dan lengkap ? Misalnya kita menambah lagi dengan Bufet yang hanya memajang boneka, lukisan abstrak yang kita sendiri tidak tahu artinya vas bunga yang hanya membuat ruangan semakin penuh atau barang-barang pecah belah yang sebenarnya tidak indah dipajang. Hal ini tentu berlebihan dan sudah tidak minimalis. Perabotan yang minimalis harusnya selain dari bentuk yang sederhana, tata letaknya juga tidak mengganggu pemandangan. Perabotan yang minimalis biasanya juga berbentuk simple, tidak memakan ruang banyak, namun tetap indah dilihat. Perabotan minimalis berarti tidaklah banyak, hanya yang benar-benar kita butuhkan namun tetap bisa menimbulkan kesan manis. Pada banyak desain forniture saat ini bahkan banyak yang sudah menerapkan desain sederhana namun justru terkesan mewah jika ditempatkan pada bidang yang sesuai.

Desain Interior Minimalis

Desain interior yang berati sudah merupakan gabungan antara ruang, dinding, warna, dan perabotan, di desain untuk mencerminkan suatu tema. Tema dimana dari ruangan tersebut bisa terlihat luas, praktis, tetap indah, namun dengan tata letak dan ornamen yang terncana untuk menimbulkan keindahan tersendiri. Misalnya pada ruang keluarga kita menggunakan televisi Flat yang tipis agar bisa langsung menempel di dinding, menggunakan meja dengan satu kaki agar mudah dibersihkan, dan sofa sederhana kecil yang hanya untuk 3 orang karena dirumah anda hanya tinggal bertiga. Pada dinding misalnya anda hanya menempel 3 buah foto yang disusun diagonal agar tidak kaku, dengan warna dinding yang di cat polos dengan dua warna lembut cerah.

Warna Minimalis

Pada pilihan warna untuk desain ruang minimalis biasanya tidak menggunakan banyak warna, bisa saja hanya satu atau dua warna, dan biasanya hanya ada satu warna yang akan mendominasi. Warna yang dipilih biasanya warna yang tidak kuat atau tua, lebih pada warna terang dan lembut.

zen

Gaya Hidup Minimalis

Beberapa sumber ada yang menyebutkan bahwa gaya hidup minimalis sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup Zen. Yaitu salah satu aliran budha yang mengutamakan kesederhanaan untuk fokus bermeditasi. Zen adalah bahasa Jepang yang berasal dari bahasa mandarin “Chan” yang juga berarti sebuah kondisi batin yang terpusat yang ditemui dalam meditasi. Dalam penerapannya sebagai tema ruang, gaya hidup minimalis bisa juga diartikan hanya menggunakan perlengkapan sekedarnya. Misalnya pada ruang tamu tidak harus menggunakan sofa, bisa menggunakan karpet, meja dengan ukuran secukupnya yang rendah dan hanya menggunakan beberapa bantal, atau pada ruang tidur misalnya tidak menggunakan tempat tidur besar, cukup meletakkan semacam kasur atau matras saja yang jika sedang tidak digunakan bisa di rapikan dan ruangan bisa digunakan untuk aktifitas lain misalnya yoga atau bermeditasi.

Kesimpulan

Dari beberapa contoh penerapan diatas, dapat kita simpulkan bahwa rumah minimalis bisa kita artikan sesuai keinginan, namun secara umum bisa berarti rumah dengan tema desain sederhana , luas, praktis, bisa menimbulkan ketenangan namun tetap mengutamakan keindahan. Bagaimana, ingin mencoba ?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *